Ini Sebabnya Daging Wagyu Australia Paling Enak Diolah Jadi Beefsteak

Brisbane – Kunci beefsteak enak terletak pada penggunaan daging sapi berkualitas. Salah satunya daging sapi Australia yang jadi favorit masyarakat Indonesia. Apa istimewanya?

Dalam rangkaian kunjungan ke Rangers Valley di Glen Innes, Australia, detikFood (13/9) bersama rombongan Holycow! Steakhouse by Chef Afit melihat langsung proses produksi daging sapi. Mulai dari membesarkan sapi hitam, memberi pakan yang tepat, menyembelihnya secara halal hingga mengolahnya jadi beefsteak yang lezat.

Chef Afit D. Purwanto berujar, “Kita bisa tahu bahwa keahlian Australia memang di dunia daging. Dari kunjungan ini para pemenang bisa mempelajari pentingnya menjaga kualitas daging, food handling dan mengetahui sumber makanan yang kita makan. Jadi jejaknya kita tahu dan kita bisa pertanggungjawabkan kualitasnya.” Chef Afit melanjutkan ada alasan mengapa ia memilih daging sapi Australia untuk disajikan di Holycow! Steakhouse by Chef Afit.

Ini Sebabnya Daging Wagyu Australia Paling Enak Diolah Jadi Beefsteak Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Begini Proses Panjang Penyembelihan Sapi Wagyu Halal Australia

“Pertama dari segi lokasi, Australia itu tetangga paling deket Indonesia. Dan beruntungnya salah satu tulang punggung perekonomian mereka kan agriculture dan salah satunya adalah daging sapi. Tentunya mereka akan selalu menjaga kualitasnya,” kata Chef Afit. Soal rasa, daging sapi Australia dianggap Chef Afit punya sesuatu yang disukai masyarakat Indonesia.

Chef ramah ini menjelaskan, “Australia punya sapi yang diberi pakan grassfed (rumput) dan gandum (grainfed). Itu sangat disukai masyarakat Indonesia. Soal rasa, sapi grassfed lebih kurang rasa, tapi empuknya sama. Tapi untuk orang Indonesia, cocoknya lebih ke sapi grainfed karena lebih gurih dan lebih fatty alias lebih banyak lemaknya.”

Ini Sebabnya Daging Wagyu Australia Paling Enak Diolah Jadi Beefsteak Foto: dok. detikFood

Holycow! Steakhouse by Chef Afit pun memilih wagyu grainfed untuk di restorannya dengan merek Rangers Valley, tepatnya Black Onyx. “Ini pilihan sangat tepat dan kita sudah mempelajari bahwa karakterisitik masyarakat Indonesia senang dengan rasa daging seperti ini,” lanjut Chef Afit.

Menurutnya pemakaian daging sapi berkualitas jadi kunci kelezatan beefsteak. Pemakaian banyak bumbu tidak diperlukan jika daging sapi punya kualitas bagus.

Ini Sebabnya Daging Wagyu Australia Paling Enak Diolah Jadi Beefsteak Foto: dok. detikFood

Chef Afit berujar, “Dipanggang tanpa bumbu apa pun, dagingnya sudah enak dan sudah gurih apalagi ditambah saus ala Indonesia.” Kalau untuk pilihan lebih sederhana, beefsteak juga enak dinikmati dengan garam, lada atau dijon mustard.

Baca Juga: Seru! Melihat Proses Pemeliharaan hingga Pengemasan Wagyu Australia (sob/odi)