Sulit Cari Laksa Betawi? Yuk Bikin Sendiri di Rumah

loading…

Ilsutrasi laksa betawi. / Foto: selerasa.com

JAKARTA – Siang ini sepertinya laksa betawi bisa menjadi menu yang cocok untuk mengisi perut. Laksa merupakan makanan berjenis mi yang dimasak dengan bumbu-bumbu.

Di Indonesia sendiri, masyarakat mengenal beberapa jenis laksa seperti laksa betawi dan laksa bogor. Namun yang paling dikenal adalah laksa betawi.

Laksa betawi memiliki rasa yang berbeda dengan laksa lainnya. Kuahnya berwarna kekuningan terbuat dari udang rebon, sehingga rasanya menjadi khas dan segar. Umumnya, laksa betawi berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi, dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel sebagai variasi.

Sayangnya, saat ini laksa betawi mulai sulit untuk didapatkan. Namun, kini Anda tak perlu repot mencarinya, karena bisa membuat sendiri dengan mudah di rumah. Selain itu, kebersihannya pun pasti terjamin. Dikutip dari Eresep.com, berikut resep laksa betawi:

Bahan-bahan:
400 ml air
250g dada ayam
2 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 sdm minyak goreng
200 ml santan dari 200g kelapa
4 buah belimbing sayur
100 g kelapa parut, sangrai, haluskan
1 sdm garam
2 sdm gula pasir

Bumbu haluskan:
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
4 butir kemiri
4 cm kunyit
3 cm jahe
4 cm temu mangga

Pelengkap:
100 g bihun, celup air mendidih
100 g taoge, celup air panas
2 butir telur, rebus, potong 4
6 pucuk daun kemangi
1 sdm bawang goreng
Cabai merah secukupnya, tumbuk

Cara membuatnya:
1. Didihkan air. Masukkan ayam, daun jeruk, daun salam, dan serai. Masak hingga ayam empuk. Angkat ayam, suwir-suwir, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan ke dalam air rebusan ayam. Masukkan santan, belimbing, dan kelapa. Masak hingga belimbing empuk dan santan mengental. Masukkan garam, gula, aduk. Angkat.
3. Isi mangkuk dengan bihun, taoge, telur, kemangi, dan ayam. Tuang kuah ayam. Taburkan bawang goreng. Sajikan dengan cabai tumbuk. Laksa betawi siap disajikan.

(nug)