Okonomiyaki Soun Bisa Jadi Teman Makan Malam bersama Keluarga

loading…

Ilustrasi okonomiyaki. / Foto: Furanoeria

JAKARTA – Apakah Anda salah satu penggemar kuliner Jepang? Jika iya, mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan okonomiyaki.

Okonomiyaki merupakan makanan berbahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.

Di Indonesia, okonomiyaki bisa ditemukan dengan mudah mulai dari restoran ternama hingga kedai pinggir jalan. Tentunya, okonomiyaki tersebut sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dengan penggunaan bahan-bahan yang sedikit berbeda.

Okonomiyaki soun misalnya. Makanan ini bisa menjadi pilihan untuk santap malam bersama keluarga tercinta. Seperti dikutip dari website Eresep, berikut resep okonomiyaki soun untuk makan malam.

Bahan-bahan:
100 gram soun matang, rendam di air hangat
100 gram paha ayam fillet, dicincang halus
100 gram tepung terigu protein sedang
2 lembar kol, diiris halus
1 buah wortel, diiris korek api halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
80 ml air
3 butir telur
3/4 sendok teh garam
1/2 sdm kecap inggris
1/4 sdt merica bubuk

Bahan pelengkap:
100 gram saus tomat
25 gram mayones

Cara membuatnya:
1. Campur ayam cincang, tepung terigu, kol, wortel, soun, dan bawang bombay. Aduk rata. Masukkan air, telur, garam, kecap inggris, dan merica bubuk. Aduk rata.
2. Panaskan wajan dadar yang dioles tipis minyak. Tuang 3 sendok makan adonan. Bentuk bulat pipih diameter 8 cm. Biarkan berkulit. Balik dan biarkan matang.
3. Oleskan saus tomat. Coret dengan mayones tipis dan tarik bergantian dengan tusuk gigi. Okonomiyaki soun siap disajikan.

(nug)