Kejutan Besar Akhir Tahun sang Pemimpin Pasar

loading…

PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan akan merilis model terbaru dalam waktu dekat. Meski enggan membocorkan jenis, tipe, dan harganya, Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengaku masih punya “senjata andalan” hingga akhir tahun ini.

“Masih ada yang akan kita luncurkan sampai Desember nanti,” ungkap Thomas saat mengunjungi pameran Intermot 2018 pekan lalu. Tahun ini, Honda sudah banyak merilis model terbaru. Seperti PCX, Verza, Vario Techno, dan ada beberapa produk facelift .

“Kami sudah banyak merilis produk baru,” paparnya. Kemungkinan besar Honda akan merilis jagoan barunya pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS)2018 yang bakal dihelat pada 31 Oktober hingga 4 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

Thomas mengungkapkan, pasar motor di Tanah Air cukup stabil. Pada semester I tahun ini, pasar bertumbuh sebesar 11%. Hingga akhir tahun, diproyeksikan penjualan motor nasional akan menembus 6,2 juta unit.

Honda menargetkan mampu menjual 4,7 juta unit motor dengan market share sekitar 75%. “Mayoritas masih skuter kontribusi pasar matik 84%, untuk motor bebek 7%, sport juga sama,” ungkapnya. Penjualan di Jawa mencapai 65%, Sumatera 23% sisanya Kalimantan 5%, Sulawesi 7%.

Penjualan di Jawa paling besar, khususnya di Jawa Barat dan Jawa Timur, yang berkontribusi 35% terhadap penjualan motor nasional. Serangkaian strategi juga disiapkan AHM untuk semakin memantapkan posisinya sebagai jawara di pentas industri motor nasional.

“Jadi (strategi) produk ada penyegaran-penyegaran. Kemudian jaringan penjualan, yang paling penting bengkel dan spare part, harus andal,” paparnya. Saat ini Honda memiliki 7.500 jaringanspare part di seluruh Indonesia.

Untuk mendukung penguasaan pasar nasional, Honda juga memiliki tim riset dan pengembangan untuk meneliti tren bentuk, fitur, dan tren warna yang disukai konsumen.

“Sekarang desain di Indonesia bisa jadi trendsetter. Contohnya CBR 250 saat launching di Jepang, baru tiga hari launching sudah inden setahun dan animonya cukup besar,” tuturnya.

(don)