Mengetahui Bahaya Mata Buram dari Video Anak Ahok dan Addie MS

Dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC), Ferdiriva Hamzah, mengaminkan pernyataan tersebut. Menurut Ferdiriva, bermain airsoft gun akan jauh lebih menyenangkan jika mata bisa melihat dengan jelas. Sekalipun sudah memakai kacamata, belum tentu matanya benar-benar dapat melihat.

“Ada kondisi, yang meskipun orang sudah pakai kacamata, matanya tetap buram,” kata Ferdiriva.

“Bisa karena penyakit-penyakit lain, bisa juga karena tidak rutin mengecek mata karena minus, plus, atau silinder,” kata dia menambahkan.

Cek rutin mata diwajibkan enam bulan sekali. Itu untuk pasien di bawah usia 20. Kalau misalnya besaran minus bertambah dan kacamata tidak diganti-ganti, jadinya bisa buram.

“Misal, kita masih di bawah umur 17 tahun. Terus kita pakai kacamata dari umur 15 tahun, minusnya 1,5. Selama dua tahun, kemungkinan tambah, ada,” kata Ferdiriva menjelaskan.

“Tahu-tahu minusnya sudah 2,5 tapi (karena tidak periksa), dia masih pakai kacamata yang 1,5 , buramlah matanya,” ujarnya.

Ada pun dampak dari mata buram, lanjut Ferdiriva, lebih kepada keselamatan diri sendiri seperti yang diceritakan di video milik Tristan dan teman-temannya.

“Bisa-bisa lagi jalan kejedut pintu atau tembok. Bahayanya lebih ke situ,” kata dia.