Sarapan Kenyang dan Komplet dengan Nasi Gemuk Khas Jambi

Jambi – Kalau Jakarta punya nasi uduk dengan lauk semur jengkol, Jambi punya nasi serupa bernama nasi gemuk. Lauknya komplet mengenyangkan!

Sarapan di Jambi identik dengan menu nasi gemuk. Tak perlu takut gemuk, melahap nasi campur ini dijamin efektif memasok energi di pagi hari.

Dilihat dari bahan pembuatannya, nasi gemuk tak ubahnya nasi uduk, hanya saja dengan santan lebih banyak. Bahan utamanya antara lain beras, santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk.


Ada juga penambahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, dan jintan. Menyantap nasi gemuk makin memuaskan dengan pelengkap telur rebus atau telur dadar, kerupuk, irisan mentimun, bawang goreng, acar dan sambal.

Sarapan Komplet Mengenyangkan Pakai Nasi Gurih Khas JambiFoto: Instagram milleysfoodncakery

Baca Juga: Nasi Kapau dan Nasi Minyak, Nasi Rames Sedap dari Pulau Sumatera

Beberapa penjual juga sering menambahkan kari ayam atau sapi, kacang tanah, dan ikan teri goreng pada nasi gemuk. Tak ketinggalan siraman kuah kari yang hangat berempah.

Nasi gemuk sebenarnya juga mirip nasi lemak yang populer di Malaysia dan Singapura. Hanya saja nasi lemak biasanya memakai ayam goreng atau rendang sebagai alternatif lauknya.

Nasi gemuk yang populer di Jambi sejak tahun 1970-an ini mudah dijumpai di pagi hari. Banyak pedagang di Jambi menjualnya dengan harga relatif murah, berkisar Rp 15.000 – Rp 20.000.

Kalau mau mencicip nasi gemuk bisa coba racikan Kopitiam Bogor Baru di tengah Pasar Jambi. Banyak orang memfavoritkan nasi gemuk di sini karena kuah kari dan sambalnya enak.

Ada juga Nasi Gemuk di Kedai Hoki, Jalan Hayam Wuruk 15 Talang Jauh. Di sini nasi gemuk dijajalan bersama mie celor yang juga khas dari Jambi.

Sarapan Komplet Mengenyangkan Pakai Nasi Gurih Khas JambiFoto: Instagram zenbongsoe

Sementara di Jakarta, racikan nasi gemuk enak ada di kawasan Mangga Besar. Dikenal dengan nama Nasi Gemuk Mangga Besar 1, di sini ada pilihan nasi gemuk sapi atau ayam.

Oh ya, saat melahap nasi gemuk biasanya masyarakat Jambi melengkapinya dengan minum jus pinang muda. Jus ini diklaim punya manfaat kesehatan seperti meningkatkan stamina dan melancarkan peredaran darah.

Jus pinang diracik dari buah pinang segar dengan tambahan bahan lain. Mulai dari gula merah, jahe merah, pandan, serai, cengkeh dan kulit manis. Ada juga yang menyajikan jus pinang dengan telur ayam kampung.

Baca Juga: Enaknya Sarapan Lontong Sayur Medan dan Nasi Gemuk Khas Jambi (adr/odi)