Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar Memasak

Jakarta – Mengajak suami masak bersama bisa mempererat hubungan. Tetapi Anda perlu lakukan trik agar suami merasa nyaman dan senang berada di dapur.

Menurut studi yang dilakukan lembaga penelitian Nation Insights untuk Kecap ABC, banyak konflik keluarga dalam hubungan suami istri yang timbul dari kurangnya apresiasi. Dari sekian banyak pekerjaan rumah, terbukti suami paling jarang membantu memasak di dapur.

Dalam acara ‘Akademi Suami Sejati’ garapan Kecap ABC (15/10), Indra Noveldy, Konsultan Pernikahan yang tampil sebagai pembicara memberikan tipsnya. Berikut ini hal-hal mudah yang bisa dilakukan Istri, agar suami mau membantu memasak di dapur.


Baca Juga: ‘Akademi Suami Sejati’ Tempat Suami Belajar Masak untuk Manjakan Keluarga

1. Komunikasi

Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar MemasakFoto: iStock

Menurut Indra penting untuk berkomunikasi dengan suami. Kebanyakan wanita masih kurang berkomunikasi, sehingga para suami menganggap bahwa istri mereka tidak membutuhkan bantuan apapun.

“Caranya berkomunikasi. Tidak harus langsung mengajak suami untuk belajar masak. Tapi bisa mulai mengajaknya untuk ikut berpartisipasi di dapur dalam hal yang sederhana, misalnya membantu menggambilkan garam, atau membantu mengambilkan sayuran di kulkas. Semakin lama, para suami akan familiar dengan suasana di dapur, dan mulai tertarik untuk belajar masak,” jelas Indra.


2. Jangan mengkritik suami

Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar MemasakFoto: iStock

Jika suami sudah mulai tertarik untuk membantu pekerjaan Anda di dapur, atau belajar membuat masakan. Kunci untamanya jangan dikritik. Indra memamparkan kebanyakan istri lebih sering mengritik suami di dapur.

“Kata-kata kritik ini, justru membuat suami menjadi patah semangat dan malas untuk masuk ke dapur. Apalagi untuk belajar masak. Jadi dibandingkan mengkritik suami, lebih baik istri mengajarkan suami,” lanjutnya.


3. Jangan menuntut

Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar MemasakFoto: iStock

Selain mengritik, para istri terkadang suka menuntut. Hal ini harus dihindari ketika suami ingin belajar memasak, atau berpartisipasi dalam kegiatan di dapur.

“Jangan terlalu banyak menuntut. Biarkan suami melakukan semuanya secara perlahan, dan jangan lupa diajarkan. Kalau istri kebanyakan menuntut nanti suaminya bisa ngambek, dan malah enggan mau membantu di dapur lagi,” ungkap Indra yang sudah menjadi konsultan pernikahan sejak 6 tahun lalu.


4. Masak bisa jadi ‘bonding’

Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar MemasakFoto: iStock

Bonding atau menjalankan waktu bersama, memang dibutuhkan dalam setiap hubungan. Terutama bagi pasangan suami istri yang sehari-harinya dipenuhi oleh kegiatan masing-masing.

Kegiatan memasak di dapur ini bisa menjadi ajang untuk menciptakan kenangan. Menurut penelitian dari Nation Insight menunjukkan apresiasi untuk satu sama lain, dampat meningkatkan dampak positif yang signifikan pada hubungan rumah tangga.


5. Apresiasi

Begini Triknya Agar Suami Mau Belajar MemasakFoto: iStock

Apresiasi atau rasa menghargai paling penting dilakukan. Setelah suami memberikan apresiasi kepada istri, dengan ikut berpartisipasi membantu dan belajar memasak di dapur. Wanita pun perlu memberikan apresiasi kepada suami.

“Suami juga butuh apresiasi. Jadi tidak hanya istri saja yang diapresiasi. Tapi para suami kalau dihargai, pasti belajar memasaknya jadi lebih semangat. Termasuk membantu di dapur ketika istri sedang masak,” pungkas Indra.

Baca Juga: Pengunjung Eksploresep by Kecap ABC Jatuh Cinta pada Ayam Taliwang Pedas Manis (sob/odi)