Bertekad Bikin Mobil Otonom, Apple Emoh Pesan Prosesor dari Intel

loading…

Apple berencana membangun mobil otonom dengan memesan prosesor dari pabrikan di Taiwan. Foto/ist

CUPERTINO – Langkah Apple untuk mewujudkan kepentingannya selalu membuat riak di industri teknologi. Bahkan langkah mereka memengaruhi puluhan bahkan ratusan perusahaan lain.

Tak heran ada orang-orang yang mengikuti apa yang dilakukan Apple dan menganalisis strategi mereka untuk masa depannya. Salah satunya adalah Ming-Chi Kuo, analis yang sering muncul memberikan informasi akurat tentang produk Apple beberapa bulan sebelum dirilis.

Wawasan terbaru yang dibagikannya sekarang memang tidak semenarik bocoran tentang model iPhone yang akan meluncur. Meski begitu informasi yang diberikan tetap penting kita simak.

Laman MacRumors, Kamis (18/10/2018), menyebutkan, Kuo berbicara tentang beberapa strategi lebih luas yang ingin dilakukan oleh Apple. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu berencana memperkuat kerja sama dengan TSMC, produsen chip yang membuat chip A12 bionik untuk model iPhone 2018.

Yang membuat penasaran, ungkap Kuo, sementara Apple tengah bekerja sama dengan Intel untuk modem di ponsel terbarunya, perusahaan juga mencari cara untuk menjauh dari chip Intel di komputer Mac-nya. Orang dalam industri berpikir keluarga baru dari chip yang dirancang Apple akan siap untuk membuat penampilan sesegera mungkin, 2020-2021. Chip-nya juga akan diproduksi oleh TSMC, sehingga menjadikan pabrikan manufaktur Taiwan itu menjadi salah satu pemasok Apple yang paling penting.

Dikatakannya, TSMC diharapkan mendapatkan pesanan lain yang lebih penting dari Apple yakni chip untuk mobil otonom yang tengah dirancangnya. Ya, informasi yang dibagikan Kuo adalah mobil Apple akan diwujudkan setidaknya lima tahun lagi untuk diproduksi massal.

Kendaraan tersebut rumornya mendukung otomatisasi tingkat tinggi atau mengemudi tanpa sopir. Untuk mencapai itu, mobil Apple membutuhkan chip yang diproduksi menggunakan proses 3 atau 5 nm. Sedangkan tahun ini tingkatan chipset baru pada 7 nm.

Tentu produsen semikonduktor menghadapi tantangan ekstrem untuk membuat chip generasi berikutnya. Apple sendiri belum memberikan komentarnya atas rencana tersebut.

(mim)