LG Electronics Masih Kuasai Pasar AC Inverter di Indonesia

loading…

Dua model memperlihatkan AC LG DUALCOOL with Watt Control yang baru saja diperkenalkan oleh LG Electronis Indonesia. Foto/ist

JAKARTA – LG Electronics Indonesia sukses menguasai pasar AC inverter di Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, mereka meraup pangsa pasar hingga 63%.

“Tahun lalu (per Juni 2017) kami juga dominan tapi market share-nya hanya 35,8%. Tapi per Juni 2018 naik menjadi 63,2%,” kata Dimas Anugra Raditya, Product Marketing RAC LG Electronics Indonesia saat meluncurkan AC LG DUALCOOL with Watt Control di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Berdasarkan pangsa pasar AC inverter Indonesia di 2018, di urutan kedua ada merek Daikin dengan penguasaan 18,6% atau turun dari 29,0% pada 2017. Urutan ketiga ditempati Panasonic dengan raihan 9,9% atau turun dari 19,3% pada tahun lalu. Sedangkan di posisi empat ditempati Sharp 6,7% atau turun dari 9,7% dibandingkan capaiannya pada 2017.

Raihan LG Electronics Indonesia di pasar AC inverter nasional terbilang sukses karena beberapa hal. Salah satunya sudah beberapa tahun terakhir, pabrikan elektronik asal Korea ini sudah fokus hanya menjual AC berteknologi inverter.

“Tak hanya menyediakan kapasitas besar yang mencapai 2PK, LG Indonesia juga menawarkan berkapasitas kecil (1/2 PK). Hal itu menjadi langkah besar perusahaan ketika AC inverter di pasaran sekarang ini hanya menawarkan kapasitas besar saja,” pungkas Dimas.

(mim)